Super Komputer ,Komputer Mainframe , Komputer Workstation , Mikrokomputer , Mikrokontroler


     A.     SUPER KOMPUTER
Super komputer adalah jenis komputer yang mempunyai kecepatan proses paling hebat. Biasa di gunakan untuk menangani aplikasi yang melibatkan perhitungan yang kompleks, misalnya untuk peramalan cuaca dan perancangan rocket.
super komputer yang terkenal adalah Cray ( Cay Research, Inc. ). ASCI ( Accelerated Strategis Computing Initiative White ).

     B.      MAINFRAME
Mainframe merupakan jenis komputer yang di gunakan pada perusahaan-perusahaan berskala besar untuk menangani pemrosesan data dengan volume yang sangat besar.
Perusahaan komputer yang menjadi pemain utama pada kelas ini adalah IBM, Fujitsu, Unisys.

     C.     MINIKOMPUTER
Minikomputer atau sistem Midrange, biasa di gunakan pada perusahaan berskala menengah sebagai server. Vendor terkenal yang memproduksi jenis komputer ini antara lain DEC, IBM, Hewlett Packard, Data General.

     D.     WORKSTATION
Workstation adalah PC dengan kedudukan sebagai client. Namun, pengertian Workstation sebagai komputer bukanlah seperti dalam pengertian tersebut. Workstation adalah jenis komputer yang lebih ampuh dari kebanyakan PC. Awalnya Workstation dirancang untuk memenuhi  aplikasi perancangan berbasis grafis seperti CAD, tetapi belakangan juga banyak dipakai sebagai server dalam client/server.
Perusahaan komputer yang menjadi pemain utama dalam produksi workstation adalah DEC, IBM, Sun Microsystems.

      E.      MIKROKOMPUTER
Microkomputer lebih dikenal dengan sebutan PC ( Personal Computer ) atau komputer pribadi. Mikrokomputer  sendiri dapat dibedakan menjadi Desktop PC, tower PC, laptop, notebook, palmtop, PDA.
1.       Desktop PC adalah jenis PC yang berukuran besar yang umum digunakan pada kantor/rumah, dengan case ( kotak CPU ) dalam posisi tidur dan biasa diletakkan di atas meja. itulah sebabnya dinamakan desktop PC.
2.       Tower PC adalah PC dengan case dalam keadaan berdiri ( seperti menara ). umumnya kotak CPU diletakkan di samping atau dibawah kolong meja.
3.       laptop adalah jenis mikrokomputer yang mudah untuk di bawa bepergian.
4.       Notebook ( mini Laptop ) memiliki sifat seperti laptop namun ukurannya lebih  kecil. Secara fisik, laptop dan notebook seringkali susah untuk di bedakan. dalam beberapa artikel, laptop di anggap sama dengan notebook.
5.       palmtop ( handheld PC ) adalah komputer berukuran sedikit lebih besar dari kalkulator, sehingga dapat di letakkan di atas tangan.
6.       PDA adalah jenis komputer genggam yang menggunakan pena sebagai pengganti keyboard. beberapa PDA juga telah di lengkapi dengan keyboard mini yang dapat dilipat. PDA bisa berfungsi seperti buku catatan yang mencatat janji ataupun telepon. Peerkembangan terakhir, PDA juga di lengkapi dengan perangkat lunak tertentu dan dapat di gunakan untuk melakukan koneksi ke internet. Pada beberapa artikel, PDA juga di anggap sebagai palmtop.
     F.      MIKROKONTROLER
Mikrokontroler atau sering di sebut embedded computer adalah mikroprosesor  khusus yang berukuran kecil yang biasa di pasang pada peralatan elektronis cerdas, mobil, barang yang lain. Mikroprosesor ini membuat peralatan dapat di program.
perusahaan yang terkenal memproduksi mikrokontroler adalah Motorola dan Texas Instrument.

 Bisa Di Download pdf : Di Sini Melalui Google Drive

0 comments:

Copyright © 2013 Dunia I.T Dinasty