Cara Membuat Tabel di Database MySQL Workbench

      MySQL Workbench adalah perangkat lunak yang berguna sebagai administratif dari database MySQL atau lebih dikenal sebagai GUI dari MySQL. Sebagian besar pengguna dari MySQL menggunakan phpMyAdmin sebagai GUInya, karena kemudahan penggunaannya. Namun, MySQL Workbench sendiri memiliki kelebihan karena merupakan GUI yang bersifat visual. 
      Pada tutorial ini saya akan membuat table di msysql workbench .pertama kita harus membuat database dan tabelnya terlebih dahulu. adapun struktur dari tabelnya adalah sebagai berikut.
Buka MySQL Workbench
Buat MySql connection terlebih dahulu database untuk menghubugkan diagram dengan dengan klik tombol (+) 

Tampilannya keluar setup new connection isi connection name dengan sesuai database yang terhubung.

Untuk membuat ERD,pilih menu New Modelling à kemudian klik Create New EER Model.
Langkah selanjutnya klik 2x Add Diagram.

Untuk membuat tabel,drag and drop icon tabel yang ada di side kiri.Kemudian untuk membuat nama tabel,field tabel,dan pengaturan lainnya ada di menu bawah workbench.


Untuk membuat tabel di MySQL Workbench, Isikan kolon Table Name : dengan nama User ,Isikan pada Column name sesuai perintah : Id INT(11), nama VARCHAR(30), email VARCHAR(50), username VARCHAR(20), password VARCHAR(50). Ini hasil dari gambar inputan di database MySQL Workbench.


Selanjutnya membuat tabel buku :


Untuk membuat tabel ke 2 di MySQL Workbench, Isikan kolon Table Name : dengan nama Buku Isikan pada Column name sesuai perintah : Id INT(11), judul buku VARCHAR(30), pengarang VARCHAR(30), penerbit VARCHAR(20), kategori VARCHAR(30). Ini hasil dari gambar inputan di database MySQL Workbench.


Untuk membuat tabel kategori :


Untuk membuat tabel ke 3 di MySQL Workbench, Isikan kolon Table Name : dengan nama KategoriIsikan pada Column name sesuai perintah : Id INT(11), nama VARCHAR(30). Ini hasil dari gambar inputan di database MySQL Workbench.

  
Oh ya,satu lagi feature dari MySQL Workbench adalah jika ada relasi many to many , maka akan langsung muncul sendiri tabel baru beserta primary key dari kedua tabel yang berelasi.


Untuk membuat sqlnya kita klik database à forward engineer lalu akan muncul tampilan seperti ini:


Setelah di next akan tampil seperti ini:


 jadi sql dengan nama database.sql
 Pilihà FileExportàExport as PNG.Dan seperti ini hasilnya


0 comments:

Copyright © 2013 Dunia I.T Dinasty